Penuhi Kebutuhan Air petani, Koramil-04 Kodim 1404/Pinrang Bersihkan Saluran irigasi Bersama Warga

0
16

Pinrang_ Demi membantu kebutuhan air untuk persawahan para petani, Babinsa jajaran Koramil-04/Paleteang Kodim 1404/Pinrang bersama Pemerintah setempat dan warga melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi di Kelurahan Mattiro Deceng Kecamatan Tiroang Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (16/09/2024).

Danramil-04/Paleteang Kapten Cba Ridwan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa saat ini petani sudah memasuki tahap pemeliharaan tanaman padi, untuk pasokan air sangat diperlukan agar padi bisa tumbuh dengan subur. Salah satunya dengan cara membersihkan saluran irigasi yang telah ditumbuhi tanaman liar agar air lancar memasuki persawahan warga.

“Dalam bersawah kebutuhan yang paling utama adalah air, karena padi tidak akan tumbuh subur kalau kebutuhan airnya tidak terpenuhi. Untuk itu hari ini kami Koramil-04/Paleteang bersama warga melaksanakajn kerja bakti membersihkan saluran irigasi karena kondisinya sudah dipenuhi rumput-rumput liar sehingga air tidak lancar mengalir”, ujar Kapten Ridwan.

Lebih lanjut Kapten Ridwan menambahkan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi secara lancar, karena untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, saluran irigasi yang merupakan penyedia bahan baku air harus dijaga bersama-sama. Apabila saluran irigasi lancar mengairi persawahan petani, maka hasil panen akan lebih maksimal, dengan demikian ketahanan pangan khusunya di wilayah Kecamatan Paleteang dapat terwujud.

Sementara itu, Lurah Mattiro Deceng A. ST Nurjannah, S.STP., mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan Koramil-04/Paleteang yang telah memotivasi warga untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi. Kedepannya Lurah berharap warga selalu peduli terhadap saluran irigari, karena apabila air lancar mengairi persawahan warga, maka hasil pertanian akan meningkat dan tentunya petani juga akan lebih sejahtera.