Danrem 141/Tp Berikan Sambutan Pembukaan Pelatihan Bimtek Ideologi Pancasila, Bela Negara Serta Bebas Narkoba

0
23

Watampone – Komandan Korem 141/Toddopuli Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M. memberikan sambutan pada acara pembukaan kegiatan Pelatihan/Bimtek Ideologi Pancasila, Bela Negara serta bebas Narkoba dilingkup pendidikan Kabupaten Bone mengusung tema “Sinergitas Forum Gerakan Pancasila dan Lembaga Kajian Pancasila”, bertempat di Aula Masjid Al Markaz Al Ma’arif Bone Jln. Jend. Ahmad Yani Kel. Macanang Kec. Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone, Senin (02/09/2024).

Komandan Korem 141/Toddopuli Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M dalam sambutannya menyampaikan Bela negara merupakan konsep yang melibatkan peran serta mahasiswa dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan, keutuhan serta keselamatan negara yang mencakup berbagai aspek nilai positif yang diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari yaitu aspek ideologi, aspek politik, aspek ekonomi, aspek sosial budaya, aspek pertahanan dan keamanan, aspek lingkungan, aspek teknologi dan informasi serta Aspek Kesehatan.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan para peserta memiliki kewajiban moral dan sosial untuk ikut andil dan berpartisipasi di dalam Bela Negara ini sangat penting karena Peserta sekalian merupakan calon-calon yang akan menjadi pemimpin dan penggerak utama pembangunan.

Diakhir sambutannya Danrem berharap agar para peserta tidak hanya berkontribusi dalam menjaga dan memperkuat kedaulatan Negara tetapi juga mengembangkan diri sebagai individu yang berkompeten dan berintegritas agar dapat bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun untuk Bangsa dan Negara.

Dalam sambutannya Kepala BNN Kab. Bone AKBP La Muati, S.H., M.H., menyampaikan sangat butuh dukungan dari semua hadirin, bahwa pencegahan penyalahgunaan narkoba bukan hanya tugas TNI/Polri saja, tapi menjadi tugas kita semua, kita butuh komitmen bersama, bahwa Indonesia sudah Darurat Narkoba, cara mencegah peredaran Narkoba di Kab. Bone ada beberapa Strategi meliputi Pencegahan, Penindakan, harus mampu menggunakan medsos untuk hal baik, bukan untuk pesan Narkoba, harus mampu bekerjasama.

Sambutan Pj. Bupati Bone yang di bacakan Bakesbangpol Kab. Bone Dr.H.A.Sumardi Suaib,M.M menyampaikan bahwa acara ini memiliki makna yang sangat penting, karena penanaman nilai-nilai Pancasila didalam diri kita, Bela Negara tidak hanya diartikan untuk membela tanah air dari ancaman fisik, tapi bagaimana menjaga dari segala bidang dan tidak boleh lengah terhadap bahaya Narkoba, yang saat ini menjadi bahaya bagi generasi muda, ilmu yang di peroleh disini agar bisa di sebarkan, sampaikan di keluarga, agar kita bisa menjadi agen perubahan. (Penrem141/Tp)