Semangat Peduli Lingkungan, Babinsa Koramil-05 Kodim 1404/Pinrang Bersama Warga Bersihkan Saluran Air

0
24

Pinrang_ Kepedulian terhadap kebersihan Lingkungan ditunjukkan oleh Babinsa Koramil-05/Patampanua Kodim 1404/Pinrang Sertu Nahruddin bersama dengan warga di wilayah binaan melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran air dari tumpukan pasir dan rumput liar, bertempat di Kelurahan Tonyamang Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Minggu (01/09/2024).

Dilakukan dengan menggunakan alat seperti cangkul, skop untuk pengerukan saluran air dan parang guna menebas rerumputan yang tumbuh pada tepi jalan maupun yang menutupi saluran air yang mengakibatkan aliran air tidak lancar.

“Pembersihan dilakukan guna mengantisipasi luapan air ke jalanan dan pemukiman warga yang dikarenakan tersumbatnya saluran air. Apalagi sekarang musim masih sering hujan”, ungkap Sertu Nahruddin.

Lebih lanjut Sertu Nahruddin mengatakan, bahwa terjadinya banjir di wilayah salah satu penyebabnya yaitu tidak lancarnya saluran air. Seperti sekarang saluran air tersumbat karena rerumputan yang sudah menutupi saluran ait, ditambah dengan banyak sampah dan pasir sehingga menghalangi laju alir. Untuk itu diperlukan kesadaran masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat.

Ditempat yang sama, Lurah Tonyamang, Ismail Tmpo, S.T sangat terimakasih atas kepedulian dan kerjasama Babinsa dengan masyarakat. Menurutnya kepedulian Babinsa berdampak positif, karena hadirnya Babinsa di tengah masyarakat, menumbuhkan rasa kepedulian dan juga tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan sekitar.