Dukung Program Pemerintah, Babinsa Koramil 1425-05 Batang Dampingi Pemberian Vaksinasi Pada Hewan Ternak

0
22

JENEPONTO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Bungeng Sertu Yawing anggota Koramil 05 Batang Kodim 1425 Jeneponto Korem 141 Toddopuli Kodam XIV Hasanuddin, aktif melaksanakan pendampingan pemberian vaksinasi pada hewan ternak peliharaan milik warga masyarakat.

Vaksinasi dilakukan oleh Tim Vaksinator PMK dari dinas pertanian bidang peternakan Kabupaten Jeneponto di wilayah Desa Bungeng, Kelurahan Bontoraya, Kelurahan Togo-Togo Kecamatan Batang dan Kelurahan Tolo Selatan, Kelurahan Tolo Barat Kecamatan Kelara Kabuptaen Jeneponto, Sulawesi Selatan. Selasa, 26/12/2023.

Disela-sela pendampingannya, Babinsa Sertu Yawing menyampaikan Vaksinasi PMK ini dilakukan sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah guna memutus rantai penyebaran virus PMK pada hewan ternak, ungkap Babinsa saat dikonfirmasi.

Adapun jumlah ternak yang di Vaksin sebanyak 2.171 ekor masing-masing diantaranya Vaksin I (Kambing 227 ekor dan Sapi 255 ekor) sementara Vaksin II (Kerbau 188 ekor dan Kambing 1.501 ekor), terang Babinsa.

Lebih lanjut ia katakan, kegiatan vaksinasi PMK ini terus dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran wabah penyakit pada hewan ternak. Meski dalam kondisi yang sudah sehat, hewan ternak tetap terus dipantau dan diberikan vaksin agar tidak terjadi gejala penularan penyakit ke hewan ternak lainnya, ujarnya.

Pihaknya juga memberikan pemahaman tentang pentingnya pemberian vaksinasi kepada sapi piaraannya sebagai pencegahan penularan PMK, dan juga memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat yang mempunyai ternak untuk menjaga kebersihan kandang ternak tersebut. Pungkasnya.

(Penerangan Kodim 1425/Jeneponto).