Hujan Deras mengakibatkan Longsor Di Beberapa Tempat Di Wilayah Teritorial Kodim 1419 Enrekang

0
14

Enrekang – Kodim 1419 Enrekang. Hujan dengan intensitas rendah sedang hingga tinggi mengguyur kabupaten Enrekang pada Kamis malam tanggal 14 Desember 2023, hujan yang terjadi yang berlangsung cukup lama mengakibatkan terjadinya longsor di tiga tempat di wilayah kabupaten Enrekang. Jumat 15/12/2023

Babinsa jajaran Koramil 02/Enrekang Kodim 1419/Enrekang gerak cepat tinjau lokasi longsor yang terjadi di beberapa titik.

Longsor yang terjadi di Desa Ranga Kec. Enrekang terdapat tiga titik, pertama longsor menutupi jalan yang menghubungkan Kelurahan Lewaja dan Desa Ranga menyebabkan jalan sepanjang kurang lebih 10 M tertutup material longsor dengan ketebalan 30 Cm dan lebar 40 Cm, Rumah milik Bpk. Laudi (50 tahun) mengalami kerusakan berat.

Titik kedua longsor terjadi memutus jalan yang menghubungkan Dusun Ranga dan Dusun Tirowali Desa Ranga dengan material longsor berupa tanah dan batu sepanjang 50 meter dengan ketebalan 2 M dan lebar 3 M.

Titik ke tiga longsong menutupi jalan yang menghubungkan Dusun Ranga dan Dusun Lembong 2 sepanjang kurang lebih 20 M dengan ketebalan sekitar 2 M dan panjang 3 M

Dan longsor yang terjadi di perumahan Savaras Keppe Kelurahan Galonta Kec. Enrekang mengakibatkan 3 rumah rusak berat kerugian ditaksir hingga Rp.450.000.000. Sedangkan longsor yang terjadi di Lingkungan Langogo Kel. Lewaja Kec. Enrekang mengakibatkan jalan yang menghubungkan Kecamatan Enrekang dan Kec. Maiwa tertimbung material longsor dengan ketebalan sekitar 30 Cm lebar 4 M dan panjang kurang lebih 10 M hingga tak bisa di lewat baik roda 2 maupun roda 4.

Danramil 1419 – 02/Enrekang Kapten Inf Zainal Bandaso menghimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.
“Kita masih bersyukur di kejadian ini tidak ada korban jiwa jadi saya himbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan segerak laporkan bila ada kajadian”. Ungkapnya