Puncak Peringatan Hari Juang TNI AD,Kodim 0907/Trk Gelar Upacara

0
24

Tarakan – Komando Distrik Militer (Kodim) 0907/Trk pagi ini Jum’at (15/12/2023), menggelar upacara peringatan Hari Juang TNI AD ke- 78 tahun 2023 dilapangan Markas Kodim setempat.

Mewakili Dandim Letkol Kav Jhon B.C Simarmata Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kabenglap Tarakan Mayor Cpl Sugiarto, Komandan Upacara (Danup) dijabat oleh Kapten Inf Bambang Pasilog Dim 0907,Serta Perwira Upacara (Paup) Pasi Pers Dim 0907 Letda Inf H.R Sirait.

Pada momen itu,Selaku Irup Mayor membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc. Disampaikan bahwa selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, Jenderal TNI Maruli Simanjutak, M.Sc., mengucapkan ‘Selamat Hari Juang TNI AD ke- 78 tahun 2023’ kepada segenap prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdianya selama ini.

Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia. Saat itu, Jenderal Sudirman dengan keteguhan dan keberanianya memimpin pasukan di Pertempuran Ambarawa. Meski dalam kondisi sakit, tidak pernah menyerah dan terus memimpin pasukan.

“Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jenderal Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjutak, M.Sc., dalam amanatnya.

Hari Juang TNI AD kali ini, mengusung tema “TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI”. Tema ini memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu bahwa kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuanya dan berperan aktif dalam pelestarian alam,tuturnya.