Dandim 1206/Psb Bacaan Amanat Kasad Pada Upacara Peringatan Hari Juang TNI AD Ke 78

0
17

Kapuas Hulu – Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Nasli pimpin upacara peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023 di halaman apel Makodim Jl. Pierre Tandean, Putussibau Kota, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu. Jum’at (15/12/2023).

Upacara Hari Juang TNI AD ini diikuti pasukan upacara dari kelompok Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil dari Kodim 1206/Psb, Subdenpom 1-6/XII TPR, dan Minvetcad 30/Psb yang mengusung tema “TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI “.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1206/Psb Letkol Inf Nasli menyampaikan ucapan “Selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2023 dan penghargaan kepada Prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarga dimanapun berada, kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD beserta keluarga, terima kasih yang tulus dan penghargaan setinggi – tingginya atas pengabdiannya selama ini”.ujar Kasad.

Dikatakan Kasad, Pertempuran Ambarawa menjadi salah satu momen penting dalam sejarah perjuangan Bangsa kita, kegigihan dan keberanian Jendral Sudirman menjadi inspirasi bagi kita semua.

Sesuai tema pada peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat kali ini, memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu kita harus terus memperkuat kemanunggalan TNI AD – Rakyat, meningkatkan kemampuannya dan berperan aktif dalam melestarikan alam.

Di peringatan Hari Juang TNI AD ini,Kasad juga mengajak untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan yaitu menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang merdekamerdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. TNI AD senantiasa menjadi alat negara yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaptif serta selalu siap sedia membela keutuhan NKRI.

Dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia saat ini, “TNI Angkatan Darat harus terus meningkatkan kemampuannya baik dari segi personil, alutsista, maupun doktrin. Selain itu kita harus berperan aktif dalam pelestarian alam dengan berperan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana” Imbuhnya.

Diakhir amanatnya, Kasad menekankan kembali kepada seluruh prajurit TNI AD, ” Tahun 2024 mendatang merupakan tahun politik, belajar dari pengalaman sebelumnya situasi di tahun politik berpotensi membuka celah terjadinya berbagai ancaman yang di sebabkan perbedaan pandangan politik yang seringkali disusupi kelompok radikal dan intoleran, oleh karena itu tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan dilingkungan tugas masing-masing, dan selalu pegang teguh komitmen Netralitas TNI”. tutup Kasad.
(Pendim 1206/Psb)