Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Dandim 1425 Jeneponto : Mari Kita Kobarkan Semangat dan Jadikan Pahlawan Sebagai Inspirasi Dalam Kehidupan Berbangsa

0
21

JENEPONTO – Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin, S.IP., menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-78 Tahun 2023, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jeneponto Jl. Lanto Dg Pasewang Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Jum’at, 10/11/2023.

Upacara peringatan Hari Pahlawan dipimpin oleh Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma Suryono, S.H., S.I.K., dan dihadiri oleh Sekretaris pengadilan Negeri Jeneponto, Kakaminvetcad XIV-19/Jeneponto, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jeneponto,
Kadis Perindag Jeneponto, Kadis Sosial Jeneponto, Kaban kesbangpol Jeneponto, dan peserta upacara serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara dalam hal ini Kapolres Jeneponto AKBP Andi Erma, dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Hari Pahlawan, merupakan hari yang sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. dengan tangan mengepal dan dada menggelora dengan hanya berbekal bambu runcing, pahlawan para dalam pertempuran 10 November menghadapi musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya,”

Rakyat bergandengan tangan dengan para masyarakat dan pemuka agama berikut pengikutnya, bersama laskar- laskar pemuda dan pejuang dari seantero nusantara, semuanya melebur menjadi satu Merdeka atau Mati !

Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945.

Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan upaya menyatukan kita dalam mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. serta memajukan kesejahteraan mencerdaskan umum dan kehidupan bangsa. mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia Tumbuh Menjadi Negara yang makin maju, makin sejahtera.

Di waktu yang sama, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Muhammad Amin menuturkan, peringatan hari pahlawan yang ke-78 merupakan suatu penghormatan terhadap para pahlawan yang telah rela berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, ungkap Letkol Inf Muhammad Amin.

“Para pahlawan jadikan sebagai tokoh yang harus kita hormati dan dapat dicontoh, untuk itu, mari kita kobarkan semangat kepahlawanan dan jadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa.” Ajak Dandim Letkol Inf Muhammad Amin.

(Penerangan Kodim 1425/Jeneponto).