“Pagassing” Mudahkan Layanan Kesehatan Bagi WBP

0
24

Selayar – Kesehatan merupakan hal yang sangat vital bagi semua orang di muka bumi ini, tak terkecuali Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Selayar, karena dengan kondisi kesehatan yang baik akan membuat orang tersebut produktif secara sosial dan ekonomis.

Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Perawat Rutan Selayar melaksanakan kegiatan Pagassing (Pemeriksaan Kesehatan Keliling) secara rutin di dalam blok hunian, Kamis (09/11).

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Republik Indonesia Nomor : PAS-32.PK.01.07.01 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Dasar Perawatan Kesehatan Di Lapas, Rutan, Bapas, LPKA dan LPAS.

Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan kemudahan bagi warga binaan untuk mengontrol secara rutin kesehatannya tanpa harus ke Klinik Pratama Rutan Selayar.

Didampingi Petugas Jaga, Perawat Rutan, Vendha mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan preventif dan edukatif pelayanan kesehatan kepada warga binaan agar mereka peduli dengan kesehatannya sendiri.

Seluruh warga binaan mengikuti program ini dengan antusias. Satu per satu warga binaan dipanggil di depan kamar hunian masing-masing untuk diperiksa kesehatannya meliputi pemeriksaan tekanan darah dan keluhan yang dialami dalam beraktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Rutan Selayar, Ario Galih Maduseno berharap pelayanan kesehatan kepada warga binaan yang ada di Rutan Selayar semakin baik sehingga pengguna layanan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.