5,8 KM Joging Pagi Ketua LSS Papua Bersama Menparekraf Sandiaga Uno Di Kota Port Numbay

0
72

Jayapura, Kamis 6 Juli 2023

HUMAS PAPUA INFO – Lari Pagi di Jogging Track Pantai Dok II Jayapura, Menparekraf Bersama Komunitas Lelarian Sana Sini Papua Gabung Jurus. Ketua Komunitas LSS Papua yang juga adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si Joging bersama Menparekraf Sandiaga Uno, menurut Ketua LSS Papua ini Moment langka.

Menparekraf Sandiaga Uno pada hari kedua kunjungan kerja di Papua kali ini diawali dengan olahraga lari pagi dengan rute sepanjang Hotel Mercure Jalan Percetakan Negara ke Pantai Dok II Depan Kantor Gubernur lanjut ke Kompleks Ruko sepanjang 5,8 kilometer bersama Komunitas LSS Papua.

Mengambil titik start lari dari depan Hotel Mercure Jayapura sekira pukul 05.51 WIT selain berlari, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyempatkan menikmati Udara Segar pagi di Kota Port Numbay dan menyapa Masyarakat di sepanjang jmlintasan Joging.

Rute sepanjang 5,8 kilometer tersebut ditempuh dengan waktu sekitar 35 Menit.

Sejumlah tampilan baru yang dihadirkan dalam penataan kawasan wisata Kota Jayapura itu di antaranya berupa jogging track, dengan Kemasan Kawasan Car Free day di hari Sabtu untuk Masyarakat melakukan aktifitas Joging dan berolahraga.

Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandiaga Uno atau Sandi Uno adalah pengusaha muda dan ternama asal Indonesia.

Di sela-sela aktivitasnya, Sandiaga Uno menyempatkan untuk berolahraga. Lari, basket, dan renang adalah olahraga favoritnya. Kegiatan olahraga ini dilakukan 5 kali dalam seminggu. Berbagai perlombaan lari, seperti lari marathon pun dilakukannya bersama teman-temannya dengan misi kemanusiaan

Lari adalah olah raga yang murah, bisa dilakukan dimana saja, siapa pun bisa ikut, dan yang paling penting sangat sehat. Menurut Sandiaga, berolahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang membuat tubuh menjadi senang dan melatih mental untuk belajar ikhlas dan tenang. Di samping Sandiaga juga rajin meminum Vitamin C guna menjaga kondisi fisiknya.

Sandiaga punya kebiasaan lari di pagi hari, biasanya dilakukan setelah Salat Subuh. Ini yang membuatnya selalu punya energi di tengah jadwalnya yang padat.

Sebelum berlari juga dibutuhkan persiapan yang matang, baik mental ataupun fisik. Tidak bisa dilakukan tiba-tiba terutama untuk jarak berlari yang jauh.

Menurutnya, berlari melatih kita untuk mencapai target. Semakin muda anak dikenalkan dengan olahraga, terutama lari, nantinya akan membentuk karakter anak yang tangguh, disiplin, tidak mudah putus asa, dan semangat mencapai target.

Ditambah ilmu yang baik akan membentuk karakter yang mandiri di mana setiap orang akan mampu berkreasi hingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan melalui wirausaha. Hal ini menjadi dasar Sandiaga memilih berlari sebagai salah satu olahraga favorit yang dilakukan setiap pagi.

Baginya, tidak ada hari tanpa berlari. Bahkan saking hobi berlari, Sandiaga melakukan selalu menyediakan waktu khusus untuk lari diantara waktu kerjanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba didampingi Kadiv Imigrasi, Ian Fidianto Markos, beserta seluruh Anggota Komunitas LSS Papua dari berbagai kalangan lakukan joging bareng Menparekraf di Kota Jayapura.

Kakanwil Papua yang juga Ketua Komunitas LSS Papua terus gelorakan semangat joging berdasarkan Pengukuhan Pengurus Persatuan Olahraga Pengayoman Kemenkumham Periode Tahun 2022-2023 oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, dengan membentuk Pengurus Persatuan Olahraga Pengayoman (POP) Kementerian Hukum dan HAM yang baru saja dikukuhkan.

Sejalan dengan kebijakan Presiden RI dalam menyiapkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui pembinaan olahraga, diharapkan jajaran memiliki keunggulan kompetitif di semua sektor, dapat berdikari, dan saling bergotong-royong untuk mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM yang semakin PASTI.

“Melalui pengukuhan Pengurus POP, kita diharapkan dapat menunjukkan keunggulan prestasi olahraga. Setidaknya kita tetap sehat dan menjadi lebih produktif”, Pesan Yasonna H. Laoly.

Kakanwil sekaligus Ketua LSS Papua melalui Aktivitas Joging pagi ini mengajak Masyarakat di Kota Mimika dan Papua untuk memulai hidup sehat dengan disiplin berolahraga. Kakanwil menyarankan Olahraga yang paling murah meriah yakni joging dengan menikmati indahnya alam Papua dengan kualitas Udara yang luar biasa.

Kakanwil juga menyampaikan 5 Teori lari (1) Lari pada Lapangan terbuka bernafaslah dengan menggubakan Hidung, (2). Lari pada jalan Rata menggunakan trik pinggang, (3) Jika berlari diarea tanhakan harus menggunakan trik pangkal paha (4) Berlari harus berlawanan arah jarum jam apabila lari mengitari lapangan, (5) Lari itu merupakan Managamen Tenaga, setiap kita mengetahui kemapuan diri kita. (***)

LAPORAN TIM HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM PAPUA

WEB : www.papua.kemenkumham.go.id
Twitter : @kanwilpapua
IG. : humaskemenkumhampapua
FB : Humas Kemenkumham Papua