Danramil 01/Kuala Hadiri Acara Kenduri Sebelum Petani Turu Ke sawah

0
49

Nagan Raya, – Koramil 01/Kuala dipimpin oleh Danramil Kapten Inf Sujito beserta 3 orang Babinsa menghadiri acara kenduri blang turun kesawah yang bertempat di Desa Cot Kumbang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, pada Selasa (28/02/2023).

Untuk diketahui, adat budaya Kenduri blang merupakan sebuah tradisi turun temurun dilakukan sebelum turun ke sawah. Bisa dikatakan, suatu upacara ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Aceh, sebelum terun ke sawah untuk bercocok tanam.
Agar kegiatan berlangsung khidmat dan mendapatkan keberkahan, terlebih dahulu dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang selanjutnya penyampaian kata sambutan dari Ketua Kelompok Tani (Poktan).

“Acara kenduri blang kita lakukan setiap hendak turun ke sawah, sama-sama kita berdo’a agar padi terhindar dari serangan hama dan nantinya memperoleh hasil yang melimpah,” ucap Agus.

Sementara, Danramil 01/Kuala Kapten Inf Sujito menuturkan, pihaknya akan terus memberikan pendampingan kepada petani, sehingga tujuan dapat tercapai target tanam dan hasilnya juga nanti maksimal.

“Kita terus memberikan pendampingan kepada petani, apalagi Desa Cot Kumbang termasuk salah satu tempat penghasil padi yang banyak di Kabupaten Nagan Raya,” ungkap Danramil.

“Ianjutnya Danramil mengharapkan, petani Desa Cot Kumbang bisa lebih semangat dan terus termotivasi untuk meningkatkan aktifitas bercocok tanam di berbagai hamparan sawah yang ada,” tutupnya.